Jumat, 19 Februari 2010

Sistem Waktu Nyata

Diposting oleh zaki di 12.15
Definisi Sistem Waktu Nyata
Menurut definisi Kamus komputer Oxford :
Setiap sistem yang waktu terjadinya output sangat signifikan. Jarak antara waktu input
terhadap waktu terjadinya output harus sangat kecil terhadap waktu yang diperbolehkan.
Menurut Cooling pada buku Software Design for Real Time Systems (1991):
Sistem Waktu Nyata adalah sistem yang harus memprodukis respon yang tepat dalam suatu batasan waktu yang tentu. Komputer yang responnya melebihi batasan waktu ini akan memberikan performansi yang terdegradasi atau malfunction
Sebuah sistem waktu nyata membaca input dari plant dan mengirim sinyal kontrol ke plant pada waktu-waktu yang ditentukan oleh pertimbangan operasional dari plant bukan oleh sistem komputer
Menurut Bennet:
Sebuah program yang ketepatan operasinya tergantung pada hasil logika komputasi dan waktu suatu hasil diproduksi
Klasifikasi Sistem Waktu Nyata
Suatu ciri sistem waktu nyata adalah komputer yang terhubung dengan lingkungan melalui peralatan interfacing yang banyak dan komputer menerima dan mengirim bervariasi sinyal.
Contoh Sistem Waktu Nyata:
•Proses pengambilan uang pada ATM
•Proses login atau pendaftaran online
•Proses pengenalan sidik jari pada absensi
•Proses perekaman suara
•Sistem pendeteksian dan alarm
•Sistem pengiriman data transmisi (TV, Telepon)
•Proses isi ulang pulsa

Sistem Waktu Nyata diklasifikasikan menjadi :
•Clock-based Task (Cyclic, periodic) 6fc
•Event-based Task (aperiodic)
•Interactive Systems
Clock-based Task
Sistem Waktu Nyata yang diukur berdasafrkan konstanta waktu yaitu waktu yang diambil dari respon suatu plant terhadap perubahan input atau beban.
Konstanta waktu bisa diukur dalam satuan jam untuk proses kimia atau detik untuk sistem penerbangan.
Semakin kecil konstanta waktu maka sampling rate semakin kecil
Sinkronisasi diperoleh dengan menambahkan clock pada sistem komputer yang dikenal dengan real-time clock. Sinyal clock ini digunakan untuk menginterrupt operasi komputer pada waktu-waktu yang telah ditetapkan (Clock-interrupt)
Event-Based Task
Sistem yang beraksi karena respon terhadap suatu kejadian (event). Contoh menutup katup pada saat permukaan air sudah mengenai batas penuh.
Digunakan interrupt untuk memberitahukan komputer aksi yang diperlukan atau bisa juga mempergunakan pooling (komputer menanyakan (polls) pada sensor apakah perlu dilakukan aksi)po
Interactive Systems
Sistem waktu nyata yang terjadi karena adanya suatu kejadian dan waktu rata-rata dari respon kejadian ini tidak boleh melebihi waktu yang ditetapkan. Jadi merupakan gabungan antara clock-based dan event-based hanya bedanya waktu respon setiap kejadian tidak selalu sama.
Misal pengambilan uang di ATM.
Batasan Waktu (Time Constraints)
Sistem Waktu Nyata dapat dibedakan berdasarkan Batasan waktu:
•Hard Real-Time
Sistem Waktu Nyata yang harus memenuhi target waktu pada setiap kesempatan
Contoh : Pengontrolan Temperatur blower
•Soft Real-Time
Sistem Waktu Nyata yang tidak harus memenuhi target waktu tetapi harus memenuhi suatu nilai ketepatan yang diambil dari nilai rata-rata.
Contoh : Pengambilan uang di ATM
Kriteria Sistem Waktu Nyata
Terdapat dua kriteria yang harus dipenuhi oleh sistem waktu nyata yaitu:
•Batasan Waktu (time constraint)
Setiap sistem dengan waktu nyata memiliki batasan waktu berupa waktu maksimum proses (akuisisi, transmisi, perekaman, perhitungan) dan standar waktu (waktu yang sama dengan waktu sehari-hari)
•Respon waktu dan Saturation Limit
Sistem Waktu nyata jika dipergunakan untuk mengontrol alat perlu mempertimbangkan kecepatan dari respon alat dan batas saturasi dari alat tersebut

0 komentar:

Posting Komentar

 

my story Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei